Saturday, 30 July 2016

Trik Ampuh Meningkatkan Mood Bekerja



            Masuk kerja tidak selalu bikin semangat. Setumpuk pekerjaan seringkali membuat kita merasa overload sehingga semangatpun turun. Apakah Anda salah satunya, Dears? Bila ini terjadi pada Anda, berarti Anda membutuhkan suntikan semangat untuk melalui hari di tempat kerja. Mau tahu apa saja triknya untuk membuat workday terasa lebih menyenangkan dan bergairah? Simak, ya, Ladies!


Lakukan Rutinitas untuk Menyalakan Mood Bekerja

            Baik Anda adalah seorang pegawai kantoran maupun wanita yang bekerja dari rumah, rutinitas positif sangat penting untuk meningkatkan mood bekerja. Mulai pagi hari dengan hal-hal yang dapat menyalakan semangat, misalnya olahraga, mandi, kemudian menikmati secangkir teh hangat. Ketika tiba di tempat kerja pun, perlu bagi kita untuk memiliki rutinitas khusus guna mengawali kegiatan. Pulas ulang makeup di wajah, nyalakan komputer, periksa email, kemudian putar musik kesukaan Anda. Rutinitas pagi dapat mengatur mindset kita ke “mode-bekerja” yang akan memberi energi lebih untuk menyelesaikan tugas-tugas harian.


Atur To-do-List

            Daftar kegiatan harian akan membuat kita lebih bergairah saat bekerja, disamping memandu setiap langkah kita kita dalam menjalani hari. Luangkan waktu 5 menit setiap malam untuk mengatur to-do-list untuk esok hari. Daftarlah 4  atau 5 prioritas saja, supaya kita lebih fokus dan tidak merasa overload. Aktivitas lain bisa kita lakukan di sela kegiatan-kegiatan utama tadi. Usahakan mengurutkan daftar kegiatan mulai dari yang terberat, supaya kegiatan tersebut lekas selesai dan tidak mengganggu mood bekerja.


Bergaul dengan Rekan Sekerja

            Ini kelihatannya sepele, namun bergaul lebih intens dengan teman sekerja akan membuat motivasi kita tetap terjaga. Luangkan waktu untuk mengobrol dengan kolega di sela tugas-tugas kerja, makan siang bersama pada waktu rehat, dan mengunjungi mereka di luar jam kerja. Bahkan, kita bisa mengatur jadwal hangout bersama, mungkin? Rekan kerja yang baik akan menyemangati kita, bahkan tak segan membantu tugas kita menyelesaikan pekerjaan. Tentu dengan catatan, kita selalu menjaga hubungan baik dengan mereka dan tidak bersikap terlalu cuek.


Atur Waktu untuk Refreshing

            Apa yang kita lakukan begitu jam bekerja usai? Apakah tidur sampai pagi? Untuk menjaga motivasi, ada baiknya kita juga meluangkan waktu untuk refreshing saat tidak berada di tempat kerja. Jalan-jalan dengan para sahabat, nonton film terbaru dengan pasangan, atau travelling ke tempat seru saat akhir pekan akan menjadi mood-booster yang ampuh, lho, Ladies!       


Berpikir Positif dan Realistis 

            Satu lagi yang tidak kalah penting, atur target yang realistis untuk diri kita. Boleh-boleh saja bercita-cita tinggi, namun segalanya tetap harus kita bangun dari bawah, kan? Karenanya, buat target-target yang jelas dan dapat kita jangkau. Begitu kita mencapai 1 target saja, motivasi kerja akan meningkat dan terus meningkat seiring tercapainya target-target lain. Pikirkan juga hal-hal positif yang dapat meningkatkan semangat, misalnya pencapaian-pencapaian yang telah kita lakukan, pujian dari atasan, atau skill-skill yang telah kita peroleh selama bekerja. Ini tentu jauh lebih baik dibanding selalu memikirkan beban-beban dan masalah yang hanya akan menggerus motivasi kita.



            Menjaga motivasi bekerja memang tidak selalu mudah. Hambatan selama bekerja kerap membuat motivasi kita menurun. Akan tetapi, perlu bagi kita untuk belajar mengatur mood, sehingga pekerjaan tidak terbengkalai karena satu atau dua masalah. Bagaimana, Ladies? Siap menjalani aktivitas hari ini?
Newer Post Older Post

    Share This

2 comments:

  1. refreshing itu penting sih buat saya, soalnya saya bekerja di bidang yang mengharuskan saya untuk menjadi orang yang fun 24/7 hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, biasanya refreshingnya apa mba Agi? :-)

      Delete

Terima kasih atas komentar Anda di blog kami. Komentar Anda akan kami moderasi terlebih dahulu.